Mintalah Pertolongan Hanya kepada Allah


Islam adalah agama yang mengajarkan untuk selalu menjadikan Allah SWT sebagai satu-satunya tempat untuk minta pertolongan. Kita manusia yang lemah hanya layak minta tolong pada Sang Pencipta. Prinsip ini secara jelas disampaikan dalam 2 ayat Al-Quran berikut yang dikutip dari Al-Qur'an Al-Hadi.
"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan" (QS Al-Fatihah: 5). 
"Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah" (QS Al-'A`raf: 128).
Paradigma untuk selalu menjadikan Allah SWT sebagai tempat satu-satunya meminta tolong sungguh merupakan suatu "way of life" Islam yang masih sering kita lupakan. Prinsip hidup "berserah diri" secara total ke haribaan Allah SWT haruslah mampu kita bawa ke ranah organisasional, tidak hanya dalam ranah individual belaka. Suatu organisasi dengan prinsip Islami harus mampu menjadikan setiap insan dalam organisasinya untuk memiliki prinsip ini. Motivasi intrinsik dalam diri setiap pimpinan dan staf harus datang dari keyakinan bahwa Allah Maha Penolong bagi setiap insan yang bertaqwa dan meminta tolong kepada-NYA.

Visi organisasi harus secara jelas mencantumkan aspek ini. Setiap bagian dari organisasi harus mampu meyakininya serta bisa menginternalisasi prinsip ini. Ritual-ritual organisasi juga harus diarahkan untuk mendukung tumbuh kembangnya prinsip ini dalam organisasi. Berdoa dalam memulai setiap kegiatan organisasi juga harus dibudayakan, doa yang selalu melafazkan permintaan tolong kita kepada Allah agar pekerjaan-pekerjaan kita selalu dimudahkan-NYA. Ada banyak cara internalisasi prinsip ini dalam organisasi dan bisnis kita. Diatas segalanya, Allah adalah Zat Tertinggi yang Paling Berkuasa menentukan baik buruknya hidup semua makhluk di dunia ini.

Comments