Keagungan 4 Karakter Rasulullah


Dalam al-Qur’an, tidak ada seorang nabi yang dipuji begitu tinggi, melebihi Nabi Muhammad SAW. Dalam satu ayat, Nabi SAW disebut sebagai teladan yang baik (uswah hasanah), yakni tokoh identifikasi atau dalam bahasa sekarang dinamakan model peran atau role model (QS. Al-Ahzab [33]: 29.

Dalam ayat yang lain, tidak tanggung-tanggung, Allah SWT menyebut Rasul sebagai manusia dengan pribadi yang benar-benar agung. (QS. Al-Qalam [68]: 4).

Abbas Mahmud Aqqad, dalam kitab 'Abqariyyatu Muhammad menuliskan ada 4 karakter atau kualitas yang menjadi kekuatan Rasulullah SAW, disebut al-thba’i` al-Arba` (empat karakter) yang amat menonjol pada diri Nabi SAW,

Keempat karakter tersebut adalah karakter ibadah (thabi'at al-ibadah), karakter berpikir (thabi'at al-tafkir), karakter berkomunikasi (thabi'at al-ta'bir), dan karakter kerja dan berjuang (thabi'at al-`amal wa al-harakah).

Empat tabiat (karakter) ini, diakui Aqqad, jarang menyatu pada diri seorang. Menurut ghalibnya,  apabila satu karakter kuat (dominan), maka karakter lainnya lemah. Namun Nabi Muhammad SAW memiliki keempatnya secara lengkap & seimbang.

Sumber: Republika Online (ROL)

Comments